ANGGOTA

Wirausaha Digital

 

           


Wirausaha digital merupakan upaya pemanfaatan teknologi informasi dan bisnis dalam kegiatan berwirausaha yang semakin banyak digeluti oleh masyarakat. Maka tidak heran bila saat ini banyak start-up yang berbasis digital hingga online shop semakin menjamur dan memberikan beragam pilihan inovatif kepada masyarakat. Bahkan beberapa perusahaan di Indonesia yang berbasis digital telah banyak mewarnai dinamika baru kehidupan masyarakat di era ekonomi digital, seperti Tokopedia, Bukalapak, Gojek, dan sebagainya. Di masa mendatang, bisnis online shop diprediksi terus tumbuh dan berkembang di Indoneisa hingga beberapa tahun yang akan datang. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi keputusan seseorang untuk berbelanja online. Di antaranya, pertama kenyamanan. Karena sebagian besar masyarakat mulai berusaha menghindari kerumunan hingga berdesak-desakan saat berbelanja ditoko atau pusat perbelanjaan. Kedua, kelengkapan informasi yang cepat dan mudah untuk diakses oleh masyarakat. Ketiga, ketersediaan produk dan jasa tanpa harus datang ke toko tempat perbelanjaan tersebut. Keempat, efisiensi biaya dan waktu karena berbelanja melalui online dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Lalu, siapakah sosok wirausaha digital itu? Mahasiswa atau yang sering disebut milenial di perguruan tinggi lah yang harus didorong untuk mengembangkan usaha digital secara inovatif. Karena, para milenial perguruan tinggi memiliki semua ciri-ciri sebagai wirausaha digital dan memiliki peluang bisnis yang sangat besar. Mahasiswa diharapkan dapat mengembangkan usaha digital secara inovatif baik secara produk, distribusi maupun tempat kerja  yang  berbasis  internet  untuk  mencari  pangsa  tertentu  dan  peluang  pasar. Kegiatan pengembangan  usaha  digital  dilakukan  baik  oleh  pemerintah,  serta  perguruan  tinggi  dan industri melalui pusat pengembangan usaha atau disebut dengan inkubator bisnis.

Kewirausahaan digital memiliki peran penting di masyarakat, karena dapat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat yang serba cepat sehingga berbagai kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi lewat berbagai aplikasi digital dengan semakin mudah. Selain itu, dengan adanya usaha digital ini, berarti pemilik bisnis digital tersebut telah membantu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat yang menganggur dan membantu para UMKM agar lebih mudah untuk layanan penjualannya. Sedangkan bagi para pelaku usaha digital, dengan memulai usaha digital ini dapat membantu mereka untuk melatih kreativitas dan inovatif, memaksimalkan potensi diri, melatih mental dan jiwa seorang pemimpin, wawasan bertambah banyak, dapat menciptakan perubahan yang positif, mendapatkan relasi yang semakin luas serta menjadi motivator, dan seorang wirausaha digital dapat kebebsan untuk mengendalikan nasibnya sendiri. Selain itu, dengan menjalankan usaha digital, seorang wirausaha digital tidaklah harus berpendidikan tinggi, bisa multitasking untuk kegiatan di kehidupannya, tidak mengganggu waktu bersama keluarga dan beribadah, dan pastinya usaha digital ini dapat diwariskan kepada anak, cucu, dan seterusnya. Jadi, kewirausahaan digital sangatlah penting, baik bagi masyarakat maupun pelaku wirausaha digital itu sendiri. Terutama untuk milenial  perguruan tinggi, karena mereka diyakini memiliki kemampuan mengembangkan usaha digital secara inovatif. Dengan memulai usaha digital, mereka akan dapat belajar dan terus berkembang pengetahuan dan juga kompetensinya sebagai wirausaha dan baik juga untuk masa depannya.

Kewirausahaan digital telah dimulai dan semakin menjamur. Pastinya akan banyak peluang dan tentu saja banyak juga tantangan bisnis yang akan dihadapi. Kebebasan dan kecepatan informasi merupakan salah satu faktor penyebabnya. Peluang merupakan sebuah berita baik bagi pagi para pelaku wirausaha digital. Di antaranya, pertama usaha digital  cenderung  baru sehingga tidak diperhatikan dalam  persaingan usaha. Kedua, jumlah penduduk dan pengguna internet yang terus berkembang secara signifikan dari tahun ke tahun. Ketiga, kecepatan koneksi internet di Indonesia yang semakin baik. Keempat, kebutuhan masyarakat yang semakin beragam. Namun, lain halnya jika yang datang merupakan tantangan bisnis. Di antaranya, pertama Mencari mitra atau founder yang memiliki kesamaan visi misi. Kedua, untuk mendirikan bisnis startup dibutuhkan juga modal yang besar. Ketiga, harus bisa melakukan inovasi dalam mengembangkan produk yang dimilikinya agar semakin mudah disukai oleh orang banyak. Keempat, harus bisa mampu bersaing dengan sehat dan tepat. Kelima, harus mampu mencari product market fit. Keenam, banyak startup yang gagal karena tidak menemukan tim yang tepat. Apabila ini yang terjadi maka seorang pemilik bisnis harus mempunyai strategi dalam menghadapinya. Oleh karena itu, dalam memulai wirausaha digital harus mempersiapkan beberapa hal berikut, di antaranya: mulai ciptakan ide, menentukan tujuan, membuat bisnis model, menyusun garis waktu untuk tujuan yang ditargetkan, menciptakan tim yang kuat, membentuk dan memelihara budaya perusahaan, dan yang paling penting adalah harus fokus terhadap bisnis yang akan dijalankan.

Dalam memulai bisnis digital tidaklah mudah, banyak hal yang harus dipelajari dan dipahami oleh seorang wirausaha digital. Oleh karena itu, seseorang yang akan memulai bisnis digital harus memiliki sebuah kemampuan atau kompetensi untuk menjadi seorang wirausaha digital. Di antaranya, pertama mampu membuat Web Desain yang menarik, karena menyajikan suatu image yang menjual dan mewakili brand-nya tentu mendapat nilai plus tersendiri. Kedua, mampu mengelola media sosial, karena media sosial menjadi senjata paling ampuh untuk memperoleh keuntungan. Sebab pelanggan kini tak lagi mengenal jarak dan waktu, mereka lebih banyak aktif di dunia maya seperti Facebook dan Instagram. Ketiga, mengetahui Google Adwords dan Bing. Biasanya, pembeli akan mencari produk atau layanan yang mudah untuk dibeli daripada yang hanya terpapar di iklan. Mereka lebih memilih membeli produk yang mudah ditemukan daripada yang produk yang tidak muncul ke permukaan. Menggunakan Google AdWords bisa memudahkan untuk menjangkau pembeli. Keempat, mampu menganalisis data secara efektif. Sebelum memulai bisnis digital, pasti akan melakukan survei ke bisnis milik orang lain, berapa harga barang yang mereka jual, bagaimana mereka menarik pelanggan, dan lain sebagainya. Kelima, mampu akrab dengan SEO. Search Engine Optimization (SEO) secara luas diyakini untuk mendukung pencarian berbayar. Keenam, mampu me-manajemen suatu proyek dengan kompeten. Ketujuh, seorang wirausaha digital harus memiliki kemampuan dalam Programming. Selain kompetensi, seorang wirausaha digital juga harus memiliki mental dan karakter seorang wirausaha digital. Di antaranya, pertama cerdas secara emosional. Orang yang cerdas secara emosi akan bersikap lebih tegas dan mampu mengendalikan perilakunya sehingga bisa terbebas dari perilaku-perilaku negatif. Kedua, memiliki niat dan tekad yang kuat. Dengan memiliki niat dan tekad kuat sejak awal, seorang wirausaha digital akan bisa melewati semua hal baru dengan lancar. Ketiga, memiliki kemauan keras. Dengan memiliki yang keras untuk bisa sukses, seorang wirausaha digital akan bisa melewati semua tantangan dengan baik. Keempat, berani mengambil risiko. Apabila terjadi risiko kerugian itu sudah biasa dalam bisnis, tugas seorang wirausaha digital adalah bagaimana kesalahan itu tidak terulang kembali. Kelima, memiliki kreatif dan inovatif yang besar. Dengan menciptakan produk baru yang berbeda dengan produk lainnya, maka bisnis tersebut akan mempunyai nilai lebih di mata konsumen. Dan masih banyak lagi mental dan karakter yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha digital. Tetapi, kembali lagi pada diri masing-masing, apabila bersungguh-sungguh dalam berbisnis, pasti akan berhasil.

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer